Panduan Cara Service Motor Yamaha NMAX 155 Yang Mudah

Motornmax.com – Hallo mas bro sekalian , bagaimana kabar mas bro sekalian ,semoga baik baik saja  ,kurang lebih sudah 1 mingguan saya ndak update postingan di blog ini lagi , sekarang saatnya mau share ilmu lagi hehe yang mungkin referensi atau informasi diblog ini bisa menambah wawasan tentang motor nmax yang mas bro sekalian miliki, nah share kali ini yaitu tentang panduan service motor yamaha nmax 155 yang bisa mas bro lihat dibawah ini

Perlu mas bro ketahui dan perlu di ingat bahwa motor yamaha nmax terbaru ini saat ini tidak perlu harus mengingat ingat jadwal service , pasalnya khusus motor yamaha nmax terbaru ini untuk penggantian oli yang dibarengi dengan perawatan motor secara berkala sudah di ingatkan di bagian indikator speedometernya, well to mas bro..!

Hal tersbeut juga berlaku untuk waktu penggantian v-belt CVT yang bisa dilihat dari kedipan lampu peringatan. Saat awal motor keluar dealer , maka lampu akan langsung menyala di 1000 km yang artinya adalah harus mengganti oli pertama kalinya.
Nah nanti setelah penggantian oli pertama ,maka indikator tersebut akan direset agar kembali menyala tiap 4000 km sesuai jadwal service motor yamaha nmax. Sedangkan untuk jangka waktu penggunaan V-belt CVT lampu menyala jika sudah menempuh tiap 25.000 KM yang berarti sudah saatnya diganti.

Untuk perawatan motor selain mengganti oli mesin dan juga penggantian v-belt CVT jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan pada kondisi busi yang digunakan .Untuk motor yamaha NMAX bisa menggunakan NGK yang berkode CPR8EA-9 pastikan juga untuk memiliki kerenggangan yang terjaga yaitu 0,8 -0,9 mm . Jangan lupa untuk mengganti secara berkala setiap kelipatan 8000 km agar kondisi kelistrikan pada motor tetap prima

Next selanjutnya yaitu Untuk komponen filter udara yang sudah memiliki element yang berlapis oli jadi tak perlu lagi dibersihkan apa lagi sampai disemprot menggunakan angin kompresor, kandungan oli pada filter tersebut tentunya berfungsi untuk menyerap kotoran jika di sempro maka akan hilang. Jadi disarankan untuk langgung mengganti filter udara setiap kelipatan 12.000 km ,catat ya mas bro jangan sampai lupa.

Setelah memberiksa pada bagian busi , filter udara, oli mesin ,dan v-belt CVT maka langkah selanjutnya yaitu untuk memeriksa sistem injeksinya. Nah untuk sistem injeksi sendiri selama tidak ada kerusakan yang ditandai dengan menyalanya lampu engine chek atau malfuction indicator lamp (MIL ) maka tidak perlu dikhawatirkan pada sistem injeksinya karena motor masih dalam keadaan aman. Nah hal tersbeut juga berlaku untuk kerenggangan klepnya walaupun sudah mengusung teknologi yang diberi nama VVA kepanjangan dari Variable Valve Actuator maka perlu di lakukan pengecekan untuk di setel setiap 8000 km.

Sedangkan untuk pengecekan komponen motor yang lain mas bro bisa lihat daftarnya dibawah ini :

List Pemeriksaan Service Yamaha NMAX Berkala

  1. Melakukan pengecekan pada Suspensi depan & belakang
  2. Cek fungsi kelistrikan & lampu
  3. Melakukan Pemeriksaaan pada rem depan & belakang
  4. Setel handle gas
  5. Periksa roda
  6. Periksa kelayakan ban
  7. Periksa baut pengikat
  8. Periksa busi & kompresi
  9. Cek gerak bebas kemudi
  10. Periksa tegangan & charge battery
  11. Periksa & ganti oli mesin
  12. Periksa tekanan ban
  13. Periksa aliran oli & stel klep
  14. Periksa & stel putaran mesin
  15. Bersihkan saringan CVT
  16. Periksa oli gearbox
  17. Periksa system injeksi & cetak hasilnya
  18. Periksa indicator warning light.

Daftar Harga Sparepart Yamaha NMAX 

  1. Kampas rem depan Rp 75.000
  2. Kampas rem belakang Rp 55.000
  3. Filter udara Rp 49.000
  4. V-belt Rp 116.000
  5. Oli gardan Rp 10.500
  6. Oli Super Matic 1 L Rp 57.000
  7. Busi Rp 13.500

Nah bagaimana mas bro sekalian dengan penjelasan saya diatas. semoga mudah dipahami hehe, nah mas bro juga bisa membawa motornya ke bengkel favoritenya atau langsung ke bengkel resmi yamaha untuk melakukan pengecekan yang sudah sya sebutkan diatas apa bila motor mas bro sudah menempuh jarak jarak seperti diatas

OK bro sekalian mungkin sampai disini dulu sharingnya, nantikan informasi yang lain hehe soalnya sudah malam , mati sudah tidak kuat lagi untuk melek wkwk

Demikian informasi yang membahas mengenai Panduan Cara Service Motor Yamaha NMAX 155 Yang Mudah,semoga bermanfaat jangan lupa untuk like, comment dan share agar lebih banyak yang mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga Artikel :

Panduan Cara Service Motor Yamaha NMAX 155 Yang Mudah | Sutopo Sasuke | 4.5